Palembang, 4 Juli 2017. Penilaian potensi dan kompetensi atau Talentpool memiliki maksud dan tujuan untuk membangun datebase penilaian potensi dan kompetensi ASN secara nasional. Dimana beberapa point-point yang salah satunya adalah penilan komptensi dan bagaimana menempatkan seseorang ASN menduduki jabatan sesuai potensi dan kompetensinya, jadi tidak lagi ada orang yang menduduki jabatan tidak memiliki kompetensi dan pegawai menduduki jabatan sesuai dengan syarat jabatannya. Kegiatan yang di jadwalkan tanggal 3 Juli sampai dengan 7 Juli 2017 ini bertempat di Ruang Assesment BKN Kantor Regional VII Palembang.

Kepala BKN Menyampaikan sambutannya
Kepala BKN Menyampaikan sambutannya

Dalam kesempatan ini hadir Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Sofian Effendi, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Purwanto dan Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang Gede Putra Suastika. Dalam sambutanya Kepala BKN menyampaikan bahwa penilaian kompetensi ASN idealnya seluruh PNS mengikuti ini, tapi tidak bisa sekaligus karena membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, untuk saat ini diutamakan JPT dan administrator di daerah, dari jumlah seluruh PNS di indonesia 4, 5 Juta orang. Untuk mengukur potensi dan kompetensi PNS tidak bisa dengan berandai-andai jadi di coba dengan cara mengukur sudah sejauh mana Kompetensi PNS itu. Kepala BKN juga berharap para peserta dapat mengikuti dengan serius proses Assessment Centre, nanti data itu dapat digunakan untuk pengembangan kompetensi dan hasilnya disampaikan ke BKD dan PPK masing-masing peserta sehingga nanti dapat melihat kekurangan dan kelebihan bawahanya.

Peserta pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi berfoto bersama
Peserta pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi berfoto bersama

Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang  Gede Putra Suastika menyampaikan target peserta yang ikut penilaian potensi dan kompetensi adalah 343 peserta, adapun pendaftar sangat antusias sehingga melebihi target berjumlah 371 peserta. Pelaksanaan dibagi dalam empat angkatan. (TWK7)